Sabtu, 15 Desember 2012

ELISA ---> MINI VIDAS

ELISA adalah suatu metoda immunokimia yang berdasarkan reaksi spesifik antara antigen dengan antibodi yang memiliki sensitivitas dan spesifisitas yang tinggi dengan menggunakan enzim sebagai indikatornya. Dengan memiliki satu dari komponen tersebut (antigen atau antibodi) yang dilabel dengan enzim dan diikatkan dengan pendukung immunosorbent, maka akan terbentuk antigen-antibodi kompleks. Pada metoda ELISA dengan antigen kompetitif, antibodi dilapiskan pada immunosorbent (substrat padat). Kemudian antigen sampel dan antigen yang berlabel enzim dimasukan kedalam immunosorbent sehingga terjadi kompetisi antara antigen sampel dengan antigen berlabel enzim untuk berikatan dengan antibodi dan terbentuk kompleks antibodi-antigen. Dengan tambahan substrat yang spesifik terhadap kerja enzim, akan dihasilkan reaksi yang menghasilkan warna. Hasil warna tersebut dapat dilihat secara visual atau diukur dengan menggunakan kolorimeter atau spektrofotometer. Ciri utama metoda ini adalah menggunakan suatu indikator enzim untuk reaksi immunologi (Burgess, 1995). 
Teknik pengujian dengan metoda ELISA dapat dilakukan dengan beberapa konfigurasi, pemilihan konfigurasi tergantu
ng dari besar molekul yang akan dideteksi, serta tingkat sensitifitas dan spesifitas yang dikehendaki. Beberapa konfigurasi tersebut adalah:

A. ELISA Kompetitif
ELISA Kompetitif dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: 
1. ELISA kompetitif langsung
Konfigurasi ELISA langsung merupakan konfigurasi paling sederhana. Antibodi spesifik dilapiskan pada mikroplat yang kemudian diinkubasi selama waktu tertentu. Analat yang akan dideteksi bersama dengan enzim-hapten konjugat ditambahkan pada mikroplat yang telah dilapisi dengan antibodi. Analat dan enzim-hapten konjugat akan saling berkompetisi untuk mengikat antibodi yang dilekatkan pada permukaan mikroplat. Banyaknya enzim-hapten konjugat yang dapat mengikat antibodi dapat ditentukan dengan penambahan substrat senyawa pembentuk warna. Warna yang terbentuk akan berbanding terbalik dengan jumlah analat yang terdeteksi dalam contoh. Semakin banyak analat dalam contoh maka analat mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengikat antibodi, sehingga akan lebih sedikit enzim-hapten konjugat yang mengikat antibodi. Akibatnya intensitas warna yang terbentuk berkurang karena enzim yang bereaksi dengan substrat juga lebih sedikit.
2. ELISA kompetitif tak langsung
Pada metoda ini menunjukan bahwa warna yang ditimbulkan tidak langsung disebabkan oleh antigen dan antibodi yang bereaksi. Dibutuhkan suatu antibodi antispesies yang dilabel dengan enzim. Antigen dalam hal ini hapten protein konjugat dilekatkan pada permukaan mikroplat dan kemudian diinkubasi selama waktu tertentu. Analit bersama dengan antibodi ditambahkan kedalam mikroplat. Antigen dan analat akan berkompetisi untuk mengikat antibodi yang ada. Makin banyak analat dalam contoh yang diuji maka semakin sedikit antigen yang dapat mengikat antibodi. Sehingga antibodi kedua yang berlabel enzim (antibodi antispesies) yang ditambahkan jumlahnya akan semakin sedikit, akibatnya intensitas warna yang ditimbulkan juga semakin rendah.
Kompetitif ELISA merupakan konfigurasi yang banyak digunakan untuk pengujian cemaran, toksin serta senyawa dengan berat molekul kecil.

B. ELISA on-kompetitive sandwich
Antibodi dilekatkan pada permukaan sumur-sumur mikroplat, kemudian antigen dan contoh uji ditambahkan dan diinkubasi selama waktu tertentu. Kemudian ditambahkan antibodi kedua yang diberi label enzim. Intensitas warna yang ditimbulkan setelah penambahan substrat berbanding lurus dengan antigen yang terdeteksi. Konfigurasi ini digunakan untuk mendeteksi makromolekul atau senyawa dengan molekul besar seperti protein dan mikroorganisme. Akan tetapi kurang sensitif untuk mendeteksi senyawa dengan berat molekul kecil seperti toksin dan cemar


 MINI VIDAS

Mini VIDAS adalah penganalisa immunoassay sepenuhnya otomatis dari Bio Merieux. Hal ini digunakan untuk melakukan tes Penyakit menular, koagulasi dan tes Immunochemistry menggunakan Elfa (Enzyme Linked Fluorescent Assay) teknologi. Ini mengurangi risiko dan membawa lebih dari hanya membutuhkan kalibrasi titik tunggal. Pilih Dealer Terkenal untuk Dapatkan Model Kualitas Tinggi Untuk membeli analisa immunoassay untuk media-ukuran laboratorium, mengumpulkan informasi yang cukup tentang berbagai model dan fitur mereka. Rupa sehingga menjadi lebih mudah untuk memilih produk yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Model yang disebutkan di atas tersedia dari pedagang terkemuka di industri dengan harga terjangkau. 

Alat MINI VIDAS metode ELFA (Instalasi Imunologi)

Alat mini Vidas ini adalah salah satu alat yang digunakan padapemeriksaan Imunologi . Prinsip alat ini merupakan modifikasi dari prinsip ELISA hanyapembacaannya bedasarkan Flouresensi


                                                            Gambar Mini Vidas 
A.Komponen-komponen Minividas
 1.Tombol On/Of
 2.TraySebagai tempat untuk memasukkan strip yang berisi sampel danreagen
 3.Display (LayarTempat unttuk menampilkan program pada alat
 4.Printer
 5.Inkubatoruntuk proses inkubasi pada pemeriksaan, agar reaksi lebihsempurna biasanya digunakan suhu 37°C.

  
Dalam penggunaan alat ini ada beberapa hal penting yang perludiperhatikan:
1)Pemeriksaan dengan reagen yang baru terlebih dahulu lakukanpembacaan MLE pada alat secara otomatis agar no lot dan barkoddapat dibaca oleh alat ( no lot yang belum perna dilakukan). Apabilapemeriksaan dilakukan tanpa membaca MLE maka hasil tidak akankeluar.
2)SPR dan strip reagents yang digunakan harus sama (misalnya untukpemeriksaan AFP, gunakan SPR AFP dan strip AFP)
3)Setiap satu SPR dan satu strip reagent hanya untuk satu test dan sekalipakai
4)Kalibrasi dan running control sebaiknya dilakukan setiap 14 hari sekali
5)Untuk mengetahui kapan kalibrasi suatu assay harus dilakukan kembali,dari Menu Utama tekan Master Lot Menu, lalu tekan List Stored Stds,pilih assay beserta nomor lot yang dikehendaki.
6)Tidak ada maintenance harian, mingguan, atau bulanan.
7)Maintenance yang dilakukan hanya membersihkan ke-6 jalur tray padasection A ataupun section B menggunakan dadu busa.
8) Setelah selesai digunakan mini vidas dapat langsung dimatikan tanpaharus melalui prosedur khusus.
9)Apabila mini vidas akan dipindah posisikan atau letaknya, maka harus dilakukan Park System dengan cara:Dari Menu Utama, tekan Utility Menu, tekan Misc. Functions, lalu tekan Park System.


B.Perawatan
1. Perawatan Harian:
-Matikan alat setelah selesai digunakan
-Bersihkan tray dari kotoran. atau debu dengan menggunakan spondadu atau dengan tissu

2. Perawatan 6 bulan :
-Lakukan kalibrasi pada alat secara keseluruhan seperti Lampu,proses pembacaannya.



C. Prosedur pengoperasian Mini vidas

1. Menyalakan UPS
2. Tekan tombol on/off yg terdapat pd bagian belakang alat
3. Alat akan melakukan inisialisasi/warming up ± 10 menit
4. Setelah selesai, pd layar tampil Menu Utama sebagai berikut:START SECTIONSTATUS SCREENMASTER LOT MENURESULTS MENUUTILITY MENUSambungkan UPS pd ListrikPilih status SCREEN untuk masuk pd program pememeriksaan





i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar